Mudah-mudahan gak salah pilih

Posted by Fajar Gumilar Rizqi fauzi on 07.19 with No comments
                                                                                Ngapa sih milih Jurusan Ilmu Perpustakaan?
Seharusnya ada satu pertanyaan lagi untuk saya yaitu “Ngapain Sih Kuliah????”
           Kata-kata ini “Ngapain Sih Kuliah????”  paling bikin saya nyesek dan masih terfikir sampai sekarang. Tapi saya nggak akan nyalahin siapa pun, yaaa mungkin paradigma di desa sama di kota beda jauh. Kalo ditempat saya orang kuliah itu di anggep aneh kaya alien aja hehee.. mereka beranggapan “nanaonan kuliah, engke oge da macul disawah (apa-apa’an kuliah, nanti juga nyangkul disawah”). Tapi untung orang tua saya gak berfikiran gitu, orang tua saya malah mewajibkan saya untuk kuliah atau menuntut ilmu setinggi-tingginya. Masih teringat betul kata-katanya “ Jar,ntar mama sama bapak nguliahin kamu S1 sampai lulus. Tapi kamu nanti kalo udah lulus dapat kerjaan terus mama sama bapak udah gak sanggup cari uang lagi, kamu harus ngurus, terus nguliahin adekmu sampai S2 yaa,,, mama sama bapak mah gak apa-apa gak diurus sama kamu juga, asal bisa makan aja udah cukup.” Kata-kata yang membuat saya langsung merinding, seneng bisa kuliah, sedih, dan ada rasa tanggung jawabnya juga. Tapi ada satu pantangan nih gak boleh ngerokok, kalo ketahuan ngerokok ntar di stop kirimannya terus kalo gak kuat disuruh pulang buat nyangkul kata bapak saya, padahal bapak saya ngerokok loh hehee.. dan Alhamdulillah sampai sekarang saya masih bisa tetap kuliah, tanpa melanggar pantangan tersebut. :-D
“Dirimu di hidupku
Berarti penting
Aku yang kini beranjak dewasa
Tak akan begini tanpamu”
            Itulah sedikit curhatan saya hehee... sekarang kembali ke pembahasan Ngapa sih milih Jurusan Ilmu Perpustakaan?
            Ketika tujuan saya selanjutnya sudah jelas untuk kuliah, pertanyaan-pertanyaan pun bermunculan. seperti mau kuliah dimana? Terus ngambil jurusan apa? Kalo mau ikut tradisi Guru-guru saya yaa kalo gak kuliah disini ya disitu gak pernah jauh-jauh. Terus jurusan apa? Nah itu yang belum kefikiran sama sekali. Yang saya tau kuliah itu cuma jadi guru doang gak ngapa-ngapain lagi. Saya juga dulunya pengen jadi guru agama islam punya gelar seperti ini nih Fajar Gumilar R.F. S.Pd.I., tuh kan keren heheee. Setelah saya mau lulus MA tahun 2013 Ilmu Perpustakaan dan PGSD mulai booming disekolahan dan membuat saya tambah  bingung antara tetep kuliah buat jadi guru agama apa kuliah di jurusan yang lagi terkenal-terkenalnya. Untung saja salah satu ibu guru saya menyarankan untuk mengambil jurusan Ilmu Perpustakaan yang katanya peluang kerja kedepannya bagus, terus ke 2 adik nya yang kuliah Ilmu Perpustakaan baru lulus terus daftar PNS langsung keterima. Terus adiknya yang satu lagi sekarang jadi pustakawan di sebuah Universitas swasta di Lampung gajinya pun dia yang menentukan bukan Universitasnya. Saran ini yang membuat saya penasaran dan tertarik dengan Ilmu Perpustakaan. Lalu saya tanya lagi, kuliah dimana, terus tes nya gimana itu buk? Lalu dijawab di UIN Jogja Jar, kalo tes nya katanya ujian lewat jalur reguler. Mendengar namanya “Jogja” saya langsung berfikiran, itu kan kota pelajar, mungkin saingannya berat kalo kuliah disitu, belum lagi masalah ongkosnya berapa terus jauh dari orang tua juga, itu yang ada difikiran saya. Tapi apa sih yang gak bisa kalo gak berusaha.
            Setelah itu, saya mantapkan niat untuk berbicara kepada orang tua saya untuk mengambil jurusan Ilmu Perpustakaan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Orang tua saya pun kaget dengan pilihan saya, kalo Ilmu Perpustakaan nya sih boleh, tapi Yogyakarta nya ini loh yang masih abu-abu. Lalu Ibu berbicara kepada saya “ya sudah mama sama bapak setuju buat kamu kuliah di sana, ya jajal-jajal daftar disana  gak apa-apa, ntar dana diusahain”. Dar 47 siswa yang lulus di MA kami, hanya saya dan 4 teman saya yang meneruskan studinya. Hanya saya yang memilih Ilmu Perpustakaan, 3 teman memilih PGSD dan sisanya diterima dijurusan Farmasi lewat jalur undangan. Semuanya kuliah di negeri sendiri, kalo saya sih diluar negeri hehee.
            Bermodalkan nasehat, ongkos, uang pendaftaran, uang makan, kenalan dan kebodohan. Saya memaksakan diri untuk segera berangkat ke Yogyakarta, 37 jam tidak terasa terombang ambing dalam bus malam dan akhirnya sampai juga di kota Yogyakarta. Lalu saya dijemput salah satu kenalan dan saya dibawa ke sekertariat organisasi mahasiswa Islam di UIN Sunan Kalijaga untuk numpang tidur hehee.. banyak yang bertanya saya “mau ngambil jurusan apa dek?”, lalu saya jawab “mau ngambil jurusan Ilmu Perpustakaan mas!”. Di jawab “Wah jurusan itu lagi favorit loh di sini, yang daftar banyak. Mending pindah jurusan aja dek sebelum kamu daftar itu”. “oooh gitu ya mas, nggak apa-apa lah tak jajal-jajal dulu ngambil Ilmu Perpustakaan”, Jawab saya.
            Hari pendaftaran jalur Reguler pun di buka, suatu jalur masuk UIN yang haya saya ketahui, maklum orang desa yg gak tau apa-apa. lalu saya mendaftar online di salah satu warnet dekat UIN dan tidak lupa bayar dulu hehee. Pilihan pertama saya isikan Ilmu Perpustakaan, yang kedua PAI, yang ketiga Sosiologi. Kemudian saya print dan saya melihat jadwal ujian tes nya dan tercengang, eh ternyata tes nya 2,5 bulan lagi pada bulan Ramadhan, saya sampe Jogja bulan Juni. Wah bisa mati di negeri orang nih, pikiran saya. Selama sebulan saya terkatung-katung di negeri orang, sambil memikirkan langkah apa yang mau di ambil. Tiba-tiba handphone Jadulku berbunyi, ehh ternyata teman saya yang mau daftar kuliah disalah satu Institute Negeri di Lampung. ”Jar, kamu test nya kapan?” Saya jawab, “masih lama euy sebulan setengah lagi, lhaa kamu kapan ujiannya?”, “Aku 2 minggu lagi, aku ngambil jalur nasional yang SPMBPTAIN”, kata temenku. aku semakin penasaran dengan jalur itu, lalu aku mencoba browsing di internet yang ternyata jalur itu gak perlu test di Universitasnya langsung, di daerah asal juga bisa. Dengan raut kebingungan dan penyesalan aku pun memutuskan dengan sisa uang yang ada ditangan, secepatnya saya daftar jalur ini karena waktu pendaftaran 3 hari lagi ditutup.
             Inilah pertama kalinya saya menginjakan kaki di Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, yaaa untuk ikut ujian tulis SPMBPTAIN dong heheee. Rasa gemetar, optimisme, percaya diri, dan ketakutan campur aduk jadi satu selama 2 hari mengikuti test ini. Setelah test selesai masalahku belum berakhir sampai disitu, antara takut gagal dan stok uang ku menipis, dan untuk pulang kampung rasanya tidak cukup. Lalu saya putuskan untuk mengunjungi kakak iparku yang ada di Bandung, kemudian meminta ongkos untuk sisa perjalanan saya. Alhamdulillah sampai rumah juga hehee...
            20 Agustus 2013, ini nih yang paling bikin deg-degan. Aku mengajak temanku untuk ke warnet terdekat untuk melihat hasil perjuangan saya menjalani test masuk kuliah, yaaa.. sedekat-dekatnya cuma 8,5 KM dari rumah ditambah ujan + puasa juga, ah.. gak apa-apalah! Itung-itung sambil ngabuburit, fikirku. Setelah sampai tujuan, tidak usah menunggu lama. Aku langsung menyalakan komputer yang ada didepanku dan langsung ku buka saja lamannya, ku masukan ID pesertaku dan jrengg.. jreeeeng “Selamat Anda diterima di Jurusan Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta”. Bukan senang yang aku rasa, tapi sedih! Sedih karena sudah memang harus jauh dari orang tua, merantau di negeri orang dan banyak lagi.
            Hari ke-4 Idul Fitri, kupersiapkan diri setelah lama menanti berhari-hari akhirnya “Jogja Aku Kembali”. Hari pertamaku masuk kuliah yaa,, sangat mengesankan, banyak teman-teman baru, kenalan baru hehee.... ehh hampir lupa inikan bahas jurusan ilmu perpustakaan yah hehee.. dalam bayanganku sebelum mengerti lebih dalam tentang jurusan ini yaa,, pustakawan yang saya lihat cuma duduk, nata buku, nyapu ruangan perpus, sudah cuma itu aja. Pasti kuliahnya juga gampang cuma tata cara bagaimana membersihkan ruangan yang benar hehee, pikirku. Tapi ehh ternyata setelah masuk kuliah dan alhamdulillah sudah berjalan 4 semester, Subhanallah baru nyadar ternyata banyak sekali yang harus dipelajari di jurusan ini dan ternyata sulit juga, pantesan IP ku pas-pas’an heheee. Tapi asyik kok, setelah saya bergabung dengan organisasi independent di Yogyakarta. Di sini lah saya belajar lebih dari sekedar teori dan saya merasakan memang lulusan Ilmu Perpustakaan itu sangat dibutuhkan sekarang, banyak perpustakaan-perpustakaan yang belum terurus alias terkelola dengan baik. Buktinya aku bisa keliling-keliling Yogyakarta dan Jawa Tengah dengan Ilmu Perpustakaan hehee... mudah-mudahan ini pilihan yang baik buat aku demi masa depanku kelak. Amiiiiiiiiinnn..

Kalo tulisan ini bikin ngantuk, saya selaku penulis mohon ma’af karena saya baru belajar hehee.. terima kasih!!!
 #IDKS