Deskripsi Literatur Anak " Kancil Si Pencuri Timun"

Posted by Fajar Gumilar Rizqi fauzi on 00.53 with No comments
1.      Judul                    : Kancil Si Pencuri Timun
2.      Sinopsis            : Bercerita tentang Kancil yang tersesat dikarenakan berlari dari kebakaran hutan, dan ia pun tersesat di ladang timun milik Pak tani. Ia pun makan dengan lahapnya. Pak Tani pun geram dengan perbuatan si Kancil, lalu Pak Tani membuat sebuah boneka yang menyerupai manusia. Lalu dia melumuri orang-orangan ladang itu dengan getah nangka yang lengket. Dan kancil pun terjerat keesokan harinya dan ia pun dibawa ke rumah Pak Tani. Namun, bisa terlepas dikarnakan si Kancil membohongi Anjing milik Pak Tani.
3.      Setting                  : Setting pada cerita ini terletak di pinggiran hutan, ladang, dan rumah Pak Tani.
4.      Karakter              : Menceritakan si Kancil yang serakah dan cerdik dalam melepaskan diri.
5.      Alur                   : Bersifat kronologis yang menceritakan kebakaran hutan, kancil lari dan tersesat di ladang, kemudian makan dan makan lagi, dan tertangkap oleh Pak Tani, kemudian Kancil lepas dengan kecerdikannya. Terdapat konflik yaitu antara kancil dan Pak Tani. Endingnya        adalah Kancil bisa melepaskan diri.
6.      Tema                 : Si Kancil serakah yang mendapatkan pelajaran terhadap apa yang diperbuatnya, namun ia bisa mengatasinya.
7.      Ilustrasi               : Terdapat ilustrasi yang menggambarkan Si Kancil di Ladang.

8.      Gaya                    : Cerita ini menggunakan bahasa yang agak sulit dimengerti dan cenderung berbelit-belit.